Jumat, 20 Juli 2007

Menilik Isi Wewangian Anda

Mungkin hidung Anda sudah akrab dengan berbagai macam wewangian yang akan langsung menyapa saat menginjak lantai suatu mall. Berbagai jenis wewangian dengan berbagai merk ini bahkan mungkin Anda miliki sebagai salah satu koleksi parfum favorit yang menjadi ciri khas Anda.

Saking beragamnya wewangian tersebut, Anda mungkin masih menebak-nebak artinya istilah eau de perfume ataupun eau de toilette yang tercetak di botol wewangian kesayangan Anda tersebut. Padahal istilah-istilah tersebut menandakan kekuatan dari aroma wewangian tersebut akan bertahan setelah disemprotkan.

Bila selama ini Anda hanya sebatas membaca istilah tersebut dan tidak ambil pusing, mungkin kali ini Anda tertarik untuk mengetahui apa yang terkandung di dalamnya. Serta tentunya untuk memilih mana yang lebih sesuai untuk aktivitas Anda.

Eau de Cologne

Ini adalah jenis wewangian paling ringan diantara teman-temannya. Karena kandungan alkoholnya berkadar tinggi dan hanya terdapat sedikit essens, maka wanginya pun cepat menguap. Jenis wewangian ringan ini akan biasanya beraroma menyegarkan. Biasanya terdapat pada tissue basah. Cocok digunakan sebagai penyegar 'dadakan' setelah beraktivitas.

Eau de Toilette

Wewangian ini ada setingkat di atas cologne. Kadar alkoholnya juga tinggi, walaupun tidak setinggi cologne, sementara kadar essensnya hanya berkisar sekitar 12 %. Untuk Anda yang mencari kesegaran yang bisa bertahan cukup lama, jenis wewangian ini merupakan pilihan yang paling ideal, karena aromanya ringan, tidak terlalu tajam serta awet, cocok untuk setiap kesempatan.

Eau de Perfume

Untuk yang satu ini, kadar essensnya berkisar sekitar 15%, sementara kandungan alkoholnya pun hanya sedikit. Aroma wewangiannya tahan lama dan kuat, sehingga lebih sesuai digunakan pada malam hari, terutama untuk menghadiri acara formal.

Parfum

Dari ketiga teman-temannya di atas, ini dia wewangian yang paling awet. Kadar essensnya mencapai 20 persen dan asli tanpa campuran alkohol. Mengenakan wewangian satu ini bisa Anda jadikan wangi tersebut jadi trade mark sendiri, karena wangi bisa tercium dari jarak yang cukup jauh dan tentunya bertahan lama.

Jangan lupa, walaupun semuanya harum, pintar-pintarlah memilih waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Tidak ada komentar: